Di hari ketiga (23/2) Pekan Literasi, Dispustaka Enrekang memfasilitasi Workshop Desain Melalui Canva dengan menghadirkan Ilham MR (RAMA Media Project) sebagai pemateri. Kegiatan yang diikuti 25 orang ini, dipandu untuk menggunakan desain untuk pemasaran produk dan usaha dari para peserta.
Ilham menjelaskan bahwa dalam desain ada beberapa tools yang bisa digunakan, dan salah satu yang banyak digunakan dan mudah ialah Canva. Menurutnya, Canva menyediakan dan menawarkan berbagai template untuk kebutuhan banyak hal sehingga menjadi salah satu pilihan yang populer.
“Sebenarnya kenapa kita memilih canva karena pengunaannya yang flexibel, kelebihan canva dengan tools lain adalah karena kita tidak terlalu banyak memikirkan ide desain lagi, kita hanya mengandalkan kecepatan dan teknik untuk mengubah warna, font, dan elemen lainnya,” terangnya sebagai pengantar.
Ia selanjutnya menjelaskan, dalam membuat desain haruslah memahami karakter dari produk yang dimiliki untuk membrandingnya. “Karena sebenarnya kalau berbicara tools, mau itu photoshop, coreldraw, atau canva kalau kita tidak memahami penempatan gambar, pemilihan warna, kesesuaian elemen terhadap karakter produk kita atau identitas, atau institusi, maka akan sulit juga membranding itu. Harus konsisten juga memakai itu,” jelasnya.
Lebih lanjut ia mencontohkan beberapa media website yang membuat desain secara konsisten dengan karakter yang ditampilkan. “Kalau kita mau berkaca pada media website yang sudah lama membuat desain grafis, kita bisa melihat rujukan, misalnya Tirto.id. Saya seringkali melihat model desain infografis karena dia konsisten selalu dengan gayanya, jadi kalau kita lihat gambar atau desain infografis seperti ini saya selalu mengingt tirto.id karena memang dia sudah punya karakter dalam mendesain diri. Semua modelnya itu hampir sama”, tambahnya.
Ia pun langsung menunjukkan cara menggunakan elemen-elemen yang ada dalam canva, memasukkan gambar, pemilihan font hingga mengunduh dengan format PNG maupun video.
Peserta diberi waktu untuk melakukan praktik dengan membuat desain untuk promosi produknya. Lalu disesi akhir, desain para peserta yang telah dikirimkan kepada pemateri, diulas dan diberi masukan. Semuan peserta berhasil membuat desain dalam waktu yang singkat.